Tempat Wisata di Kota Solo Paling Hits dan Wajib Dikunjungi!

Tempat wisata di kota Solo cukup banyak. Solo merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Kota dengan julukan kota budaya ini menaruh segudang panorama dan pesona alam yang luar biasa untuk siapa saja yang melihatnya.

Julukan kota budaya disematkan di Kota Solo, karena disini merupakan aset Kesultanan Mataram yang dipecah lewat Perjanjian Giyanti pada tahun 1755. Dengan terdapatnya keraton yang menaruh banyak sejarah dan pastinya budaya dari nenek moyang era dulu, sampai tidak heran jika disini ada peninggalan-peninggalan sejarah yang populer dan pantas buat didatangi.

Oleh karena itu, kota yang diketahui sebagai kampung halaman Presiden Jokowi ini begitu terkenal, tidak cuma di Indonesia, tetapi juga di mancanegara.

Terdapat bermacam-macam tempat wisata yang bisa Kamu kunjungi saat tiba ke Solo, seperti belanja batik, wisata kuliner, wisata budaya, dan masih banyak lagi yang pastinya cuma bisa kalian temukan di Solo. 

Baca juga Rekomendasi Tempat Wisata Murah di Jakarta!

Wisata di Kota Solo Paling Hits

Keraton Surakarta Hadiningrat

Tempat paling hits di Solo yakni Keraton Surakarta Hadiningrat yang ialah tempat memiliki yang menaruh berbagai budaya kerajaan yang masih berjalan sampai saat ini.

Terdapat sebagian peraturan yang wajib Kamu taati saat berkunjung kesini, dan seluruh itu wajib ditaati sebab area keraton sangat dilindungi. Kamu bisa berkunjung di hari Senin sampai Kamis pada jam 09.00 sampai 14.00.

Masjid Agung Surakarta

Masjid Agung Surakarta yang diketahui dengan nama Keraton Solo ini mempunyai sejarah panjang tentang peradaban islam pertama di kota Solo. Masjid yang terletak di dekat alun-alun utara ini terus hadapi renovasi bertahap supaya dapat digunakan seperti masjid pada biasanya.

Masjid Agung Surakarta dilengkapi dengan berbagai sarana dengan fungsi yang berbeda-beda. Disini juga ada poliklinik, bibliotek dan serambi yang didatangkan oleh owner ataupun pengurus masjid.

Kampung Wisata Batik Kauman

Tempat wisata di kota Solo selanjutnya yang bisa Kamu kunjungi merupakan Kampung Wisata Batik Kauman. Terletak di pusat Kota Solo, kampung ini adalah tempat buat Kamu bisa belajar batik.

Pastinya seluruh batik di Kampung Batik Kauman ini terbuat dengan tangan sendiri alias homemade. Tidak heran jika harga satu pakaian batik disini sangat fantastis. Pelanggan dari tempat sini juga mayoritas berasal dari luar negara yang telah jatuh hati memandang keelokan batik buatan Kampung Wisata Batik Kauman ini.

Grojogan Sewu Tawangmangu

Tempat wisata di kota Solo berikutnya yang dapat Kamu kunjungi merupakan Grojogan Sewu Tawangmangu yang hits sebagai wisata alam. Kamu akan disuguhkan oleh panorama alam air terjun yang menyegarkan saat berkunjung kesini. Dikelilingi oleh tebing yang hijau, tempat ini sangat sesuai Kamu kunjungi buat menenangkan kejenuhan Kamu.

Tiket masuknya sendiri cuma dibanderol sebesar Rp.18.000 per orang. Buat berkunjung ke wisata ini jarak yang ditempuh cuma sepanjang 37 kilometer dari kota, dengan memakai kendaraan roda 2 maupun 4.

Air Terjun Jumog

Tempat wisata di kota Solo yang berbau alam berikutnya yakni air terjun jumog. Air terjun ini bisa dikatakan sebagai surga tersembunyi dan dipastikan Kamu akan takjub dengan pemandangannya. Terletak di lereng gunung lawu, pastinya air terjun ini sangat dingin dan sejuk sekali.

Air terjun ini dilengkapi dengan sarana jungkat-jungkit, gazebo, ayunan, kolam buatan, warung jajanan, dan sebagainya. Buat tiket masuknya sendiri cuma Rp. 5.000 per orang.

Parang Ijo

Tempat wisata di kota Solo yang mempunyai panorama alam selanjutnya merupakan Parang Ijo. Air terjun yang terletak di balik pepohonan yang menjulang besar dan diantara kokohnya gunung ini mempunyai pesona alam yang luar biasa.

Disini Kamu akan langsung dimanjakan dengan berbagai keindahan panorama alam saat melewati pintu masuk. Tidak hanya itu, Kamu juga dapat menikmati berbagai sarana seperti mushola, gardu pandang, dan warung yang menemani Kamu mengarah air terjun parang ijo.

Untuk para milenial yang suka sekali mencari tempat wisata dengan spot foto yang kece, bisa jadi sebagian tempat wisata ini bisa jadi rujukan Kamu saat berkunjung ke kota Solo.

The Heritage Palace Solo

Tempat wisata di Solo yang instagramable merupakan The Heritage Palace. Tempat yang mempunyai nuansa Eropa ini adalah tempat wisata yang tergolong baru di Solo, tepatnya dibuka pada pertengahan 2018 kemudian. Tempat ini awal mulanya ialah pabrik gula aset Belkamu dari tahun 1892 yang direvitalisasi jadi tempat wisata keluarga.

Buat Kamu yang mempunyai hobi selfie, tempat wisata ini dapat jadi pilihannya. Alasannya nyaris tiap sudut tempat yang kental dengan nuansa Eropa klasik ini sangat instagramable dan berkesan seolah- olah bukan di Indonesia. Disini Kamu juga bisa menyewa kostum, terus menjadi lengkap bukan. Buat harga tiket masuknya dibanderol sebesar Rp. 55.000 per orang.

Candi Ceto

Saat tiba ke Candi Ceto yang terletak di Karanganyar ini, Kamu akan mengira kalau ini mirip dengan Pura Lempuyangan yang terletak di Pulau Dewata. Candi ini berarsitektur Hindu dan Nusantara. Terletak di ketinggian 1496 mdpl, menjadikan candi ini sebagai salah satu candi paling tinggi di Inonesia.

Banyak turis yang berfoto di gapura ini dengan berlatar balik langit biru dan awan putih, seolah seperti di gerbang mengarah langit ke 7. Tempat wisata di kota Solo ini sangat cocok buat Kamu yang mau menikmati alam, budaya, sampai berpotret-potret. Buat tiket masuknya sendiri sebesar Rp. 7.000 per orang.

De Tjolomadoe

Sejak pertama kali dibuka setelah dilakukan pemugaran, bangunan sisa pabrik gula peninggalan Hindia Belanda(158 tahun silam) ini langsung hits di Instagram.

Tiap sudut dari De Tjolomadoe ini memanglah sangat Instagramable. Tidak hanya bisa berekreasi, Kamu juga dapat memandang dan belajar tentang sejarah perkebunan gula disini. Tempat wisata di Solo ini buka tiap hari Selasa sampai Minggu, dengan harga tiket masuk sebesar Rp. 25.000 per orang.

Tumurun Private Museum

Museum yang satu ini jadi incaran para pecinta seni yang berkunjung ke Solo. Museum kepunyaan pribadi ini didirikan oleh Iwan Kurniawan Lukminto sebagai bentuk penghormatan kepada mendiang si bapak yang merupakan kolektor karya seni.

Museum ini ada koleksi karya seni kontemporer dan modern, dengan energi tarik masing-masing. Tempat wisata di kota Solo ini cocok buat Kamu yang mau berswafoto dan menikmati karya seni dari sisi yang lain.

Buat mendatangi museum ini tidak dikenai bayaran masuk, tetapi Kamu wajib reservasi terlebih dahulu melalui website resmi. Buat jumlah wisatawan ataupun reservasi dalam satu hari dibatasi. Buat itu, jika tertarik ke museum ini sebaiknya reservasi dari jauh-jauh hari.